Definisi Bandwith

Bandwidth
January 13, 2008

Bandwidth adalah Lebar pita (bahasa Inggris: bandwidth) dalam teknologi komunikasi adalah perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam rentang tertentu. Sebagai contoh, line telepon memiliki bandwidth 3000Hz (Hertz), yang merupakan rentang antara frekuensi tertinggi (3300Hz) dan frekuensi terendah (300Hz) yang dapat dilewati oleh line telepon ini.
Pada jaringan komputer, bandwidth mengacu pada kecepatan transfer data, umumnya dalam satuan Kbps (kilobit per detik/kilobite per second). (sumber wikipedia id)
halaman sejenis hitung bandwidth
Tags:bandwidth, hitung bandwidth
Posted in definisi | 2 Comments »
Bagaimana menghitung kapasitas bandwidth
January 13, 2008

Dalam melakukan perhitungan, ada 2 faktor dasar yang perlu di perhatikan
1. Bandwidth
2. Throughput
Bandwidth adalah nilai kotor kapasitas maksimal sebuah jaringan. Sedangkan throughput adalah nilai riil dari penggunaan jaringan yang bisa digunakan. Througput adalah bandwidth actual yang diukur secara spesifik.
Jadi nilai bandwidth selalu lebih besar dari pada nilai throughput.
Jadi bisa saja terjadi dimana dengan bandwidth misalnya 256 Kbps, secara perhitungan kita harusnya bisa mendownload selama 1 detik, ternyata waktu yang kita butuhkan adalah 4 detik. Dari sini kita bisa melihat bahwa throughput yang didapat sebetulnya hanyalah 64 Kbps.
Throughput yang didapatkan kadang bisa sangat jauh dari harapan. Penyebabnya banyak. Diantaranya adalah
- Perangkat jaringan (misalnya, sudah terlalu tinggi loadnya, setting yang kurang tepat, dll)
- Tipe data yang ditransfer ( misalnya, umumnya web lebih cepat dari ftp)
- Topologi jaringan
- Jumlah pengguna
- Spesifikasi komputer pengguna/user/server
- Interferensi (misalnya listrik, cuaca, dll)
Mengenai jumlah pengguna, mari membuat hitung2xan singkat yang tidak terlalu tepat tapi bisa menggambarkan sedikit pengaruhnya.
Jika 1 orang menggunakan transfer sebesar 16 Kbps berapa jumlah user untuk memenuhi jumlah 256 Kbps ?
Jumlahnya 16 orang saja yang didapat dari 256/16.
Beberapa informasi umum :
Ethernet umumnya hanya mampu melewatkan data sebesar 12% dari kapasitas maksimumnya. Jadi bila kita bicara fastethernet dengan kecepatan 100 Mbps, umumnya dia hanya mampu melayani hingga 12 Mbps saja. Sedangkan sisanya digunakan untuk keperluan transport protokol Ethernet itu sendiri.
Salah satu teknik untuk mengoptimalisasi bandwidth bisa dilakukan dengan menggunakan bandwitdh management
Pemantauan penggunaaan network bisa dilakukan dengan menerapkan Network Management System dan menerapkan protocol AAA didalamnya, management ip dan bandwitdh limiter/management.
Beberapa aplikasi seperti VOIP dan VPN akan menyita bandwitdh dengan meminta alokasi dalam jumlah tertentu, seberapa besarpun aktual request dibuat.
Pada voip terdapat nilai paiload yang bisa digunakan untuk mengatur besar bandwidth yang digunakan, yang umumnya memiliki nilai minimal/default pada 16 Kbps. Hal ini akan berpengaruh pada kualitas suara.
Pada VPN, nilai bandwidth yang diperlukan sangat bervariasi tergantung pada keluaran produksinya. Secara umum VPN membutuhkan 56 Kbps tapi tidak menutup kemungkinan kebutuhan ini melonjak, yang sekali lagi tergantung pada jenis VPN yang digunakan.
Secara umum, pengguna terbanyak dari bandwidth adalah, virus, trojan, junk, dan “hal lain” yang tak disadari oleh user, misalnya auto update microsoft windows yang secara default menyala dan terus mendownload setiap update yang ditemukan, terlepas dari apakah update tersebut akan di install atau tidak.
Dengan menerapkan perhitungan matematis mengenai faktor-faktor diatas bisa didapatkan jumlah kapasitas aktual yang diperlukan untuk melayani jumlah pengguna tertentu.
Demikian sharing dari saya.
Mudah2xan berguna bagi rekan-rekan yang sering berhubungan dengan jaringan.
(sumber M. Prasodjo)


Untuk menyediakan hasil yang paling akurat, Google tidak menggunakan pencarian "stem" atau dukungan "wildcard". Dengan kata lain, Google mencari kata-kata persis dengan yang Anda masukkan dalam kotak pencarian. Mencari "eduka" atau "eduka*" tidak akan memberikan hasil "edukator". Jika merasa ragu, cobalah kata lain: "airline" dan "airlines," sebagai contoh.
Pencarian Google tidak terpengaruh dengan huruf besar maupun kecil. Semua huruf, walau berbeda pengetikannya, akan dianggap huruf kecil semua. Sebagai contoh, pencarian "edukasi", "EDUKASI", dan "EduKaSI" akan memberikan hasil yang sama.

Pencarian Google secara default tidak sensitif terhadap aksen atau tanda-tanda diakritis, seperti, [Muenchen] dan [München] akan menemukan halaman yang sama. Jika Anda ingin mendeskriminasikan antara dua kata tersebut, gunakan tanda + seperti [+Muenchen] dan [+München].
Anda dapat mengecualikan suatu kata dari pencarian Anda dengan menempatkan tanda minus ("-") langsung di depan kata yang ingin Anda hindarkan. (Jangan lupa untuk menempatkan satu buah spasi kosong sebelum tanda minus).
Dengan Google, Anda dapat mencari frase menggunakan tanda kutip. Kata-kata yang berada di antara tanda kutip ganda ("ilmu komputer") akan muncul bersama-sama dalam semua dokumen hasil pencarian (kecuali jika berupa kata penutup, kata tertentu yang memerlukan tanda "+"). Beberapa karakter tertentu berfungsi sebagai penghubung frase. Google mengenali tanda minus, garis miring, titik, tanda sama dengan, dan apostrof sebagai penghubung frase.
Beberapa kata, jika diikuti oleh sebuah titik-dua, mempunyai arti khusus bagi Google. Salah satu contohnya adalah kata "site:". Untuk mencari sebuah domain atau situs khusus, gunakan sintaks "site:edukasi.net" pada kotak pencarian Google.

Untuk mencari galeri foto tumbuhan, sebaiknya menggunakan bahasa Latin atau Inggris. Namun yang lebih akurat adalah menggunakan bahasa Latin karena terdapat beberapa kata kunci dalam bahasa Inggris yang memiliki arti berbeda. Misalkan mencari bunga Mawar (Rose), maka yang akan muncul bisa nama orang, nama restoran, nama majalah, dan lain-lain. Mengapa hal ini bisa terjadi? Disebabkan tidak terdapat kata lain sebagai penunjuk kata tersebut. Jadi harus lengkap dalam memasukkan kata kunci, seharusnya “Rose+Flower”.
TIPS AMAN SAAT BROWSING
Bagi mereka yang sudah berpengalaman dalam menggunakan mesin pencari (search engine) tentu tidak menjadi masalah ketika mencari informasi di internet secara cepat dan tidak terjebak dalam situs yang menyesatkan.

Namun bagi newbie (pendatang baru) di dunia internet tentu mengalami kesulitan dalam mencari kata kunci yang tepat sehingga akan terjebak ke situs yang tidak diinginkan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan mesin pencari untuk mencari data baik berupa teks, gambar, animasi, software maupun dalam bentuk dokumen asli (misal: DOC, PPT, PDF, dan lain-lain). Apabila ingin mencari informasi dalam bentuk gambar saja, Google telah menyediakan fasilitas tersebut sehingga hasil temuan dari kata kata kunci yang dimasukkan akan berupa gambar lengkap dengan ukuran fila aslinya. Sebagian orang tidak ingin menampilkan gambar dalam halaman web agar mempercepat proses loading semua informasi dalam bentuk teks. Teknik ini biasanya digunakan jika jaringan internet menggunakan dial up, atau dapat digunakan untuk memproteksi dari iklan-iklan dalam halaman situs yang dicari.Selain dapat memproteksi diri dari gambar, iklan, maupun animasi (bukan dalam format flash), juga dapat memproteksi diri dari berbagai ancaman spyware/spam. Untuk mengatur proteksi tersebut, bukalah salah satu web browser (Internet Explorer, Netscape, maupun Mozilla).Diasumsikan web browser yang digunakan adalah Internet Explorer.
Pada menu Tool pilih Internet Options, setelah jendela Internet Options terbuka pilih Tab Advance. Pada opsi Multimedia, hilangkan tanda centang Play animation in web pages, Play videos in web pages, dan Show Picture. Sedangkan untuk memproteksi diri dari spyware/spam, gunakan tool Antispay yang dapat didownload secara gratis di Internet.
JEBAKAN DI INTERNET
Hati-hati jika searching di Internet untuk mencari informasi, karena beberapa halaman web sering memberikan informasi yang sangat berbahaya. Sebagai contoh, ketika mencari informasi dengan beberapa kata kunci “crack” atau “serial number” maka Anda akan di-link ke beberapa halaman web komersial atau bahkan web yang berisi jutaan virus. Contoh lain, kata kunci yang sangat populer umumnya digunakan untuk menjebak pencari informasi untuk mengklik halaman web yang tidak diinginkan. Kata kunci ini biasanya diambil dari beberapa hal yang populer seperti judul film animasi kartun, nama bintang film, nama tokoh, dan lain-lain. Ketika sedang browsing di Internet dan tiba - tiba muncul sebuah pesan peringatan bahwa komputer Anda sudah terinfeksi sebuah virus dan harus segera dihapus, kemudian disuruh mengklik pesan untuk mendownload antivirusnya. Bisa jadi pesan tersebut itulah yang akan menginfeksi komputer Anda.
Agar lebih aman dalam mencari informasi di Internet, usahakan membentengi komputer dengan program antivirus yang sudah teruji performanya.



DAFTAR PUSTAKA
Ilmu Komputer (http://ilmukomputer.com)
Google (http://google.com)
Hotboat (http://hotbot.com)
FastSearch (www.fastsearch.com)
Wikipedia (http://id.wikipedia.org)
Ixquick (www.ixquick.com)
Meta Crawler (www.go2net.com/search.html)
QbSearch (www.qbsearch.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Follow juraeisalhadat on Twitter

Surfing Tools