Pendahuluan

System Development Life Cycle (SDLC) atau sistem hidup pengembangan sistem yang merupakan rekayasa sistem dan rekaysa perangkat lunak (Software), adalah proses pembuatan dan pengubahan sistem serta model dan metodologi yang digunakan untuk mengembangkan sistem-sistem tersebut. Konsep ini umumnya merujuk pada sistem komputer atau informasi. Dalam rekayasa perangkat lunak, konsep SDLC mendasari berbagai jenis metodologi pengembanga software. Metodologi-metodologi ini membentuk suatu kerangka kerja untuk perencanaan dan pengendalian pembuatan sistem informasi, yaitu proses pengembangan software. Memilki beberap metode srta tahapan-thapan dari sebuah system dibuat, digunakan, hinngan dirawat, serta dimodifikasi.

Tinjauan Pustaka
SDLC didefinisikan oleh Departemen Kehakiman AS sebagai sebuah proses pengembangan software yang digunakan oleh systems analyst, untuk mengembangkan sebuah sistem informasi.

Pembahasaan
Proses yang digunakan oleh analis sistem untuk mengembangkan sistem informasi, termasuk persyaratan, validasi, pelatihan, dan pengguna (stakeholder) kepemilikan sebuah sistem informasi yang diperoleh melalui Identifikasi, Seleksi, dan perencanaan sistem, Studi kelayakan, analisis sistem, desain sistem, pengujian, implementasi dan Pemeliharaan sistem (maintenance). Setelah SDLC harus menghasilkan sistem berkualitas tinggi yang memenuhi atau melampau harapan pelanggan, mencapai penyelesaian dalam waktu dan perkiraan biaya, bekerja secara efektif dan efisien dalam arus dan direncanakan Teknologi Informasi Terstruktur, dan murah untuk mempertahankan dan biaya-efektif untuk meningkatkan. SDLC merupakan pendekatan sistematis untuk memecah kan masalah yang terdiri dari beberapa tahapan.

Tahapan SDLC:
• Identifikasi, Seleksi, dan perencanaan sistem
Mengidentifikasi kebutuhan user, Menyeleksi kebutuhan user dari proses identifikasi dengan melihat kapasitas teknologi dan efisiensi, Merencanakan sistem.

Studi kelayakan
Dilakukan oleh software developer dengan mempelajari konsep sistem yang diinginkan oleh pihak manajemen, apakah sistem baru tersebut realistis dalam masalah pembiayaan, waktu, serta perbedaan dengan sistem yang ada sekarang. Biasanya, dalam tahap ini diputuskan untuk meng-update sistem yang ada, atau menggantinya dengan yang baru.

Analisis Sistem
Dibagi menjadi 2 yaitu; Permodelan data, yang mencangkup Entity Relationship Diagram (ERD), Conceptual Data Model (CDM), Physical Data Model (PDM) dan Permodelan proses yang mencangkup Unified Modeling Language (UML).

Desain Sistem
Yang mencangkup Desain form dan laporan (report), Desain Antarmuka dan dialog (message), Desain basis data dan file (framework), Desain proses (struktur proses). Pada langkah ini dilakukan pembuatan blueprint sistem. Di dalamnya termasuk penyesuaian dengan arsitektur telekomunikasi, hardware, dan software untuk pengembangan lebih lanjut, serta membuat model sistem menciptakan model graphical user interface (GUI), database, dll

Pengujian.
Setelah sistem berhasil dikembangkan, langkah selanjutnya adalah pengujian untuk melihat apakah sistem telah sesuai dengan harapan dan kebutuhan pengguna. Dalam tahap ini, juga dilakukan debugging dan penyesuaian-penyesuaian akhir.

Implementasi
Implementasi ini dibagi menjadi ;
1. Pemrograman dan pengetesan perangkat lunak (software): Developmental (error testing per modul oleh programmer), Alpha testing (error testing ketika sistem digabungkan dengan antarmuka user , oleh software tester) dan Beta testing (testing dengan lingkungan dan data sebenarnya).
2. Konversi sistem: Mengaplikasikan perangkat lunak pada lingkungan yang sebenarnya untuk digunakan oleh organisasi.
3. Dokumentasi.
4. Pelatihan.
• Pemeliharaan sistem (maintenance)
1. Corrective, memperbaiki desain dan error pada program.
2. Adaptive, memodifikasi sistem untuk beradaptasi dengan perubahan lingkungan.
3. Perfective, Melibatkan sistem untuk menyelesaikan masalah baru atau mengambil kesempatan (penambahan fitur).
4. Preventive, Menjaga sistem dari kemungkinan masalah di masa yang akan dating.


Penutup


Kesimpulan

Dalam membuat sebuah system informasi untuk perusahaana atau oganisasi sangat dibutuhkan adanya sistem computer dalam pemrosesan data. Programmer dan Sistem Analist dibutuhkan dalam mebuamt system informasi dalam organisasi membangun system organisasi sefektif mungkin, serta perlu adanya pengembangan, perawatan, serta modifikasi pada system yang telah digunakan.

Saran

Setiap system memiliki kelemahan bukan tidak mungkin dapat menciptkan sebuh sitem yang sempurbna namun dapat diwujudkan minimal mendekati sempurna, setiap sitem memiliki kelmahan muapun kelebihan pabila dilihat dalam bebragai sudut penilaian, sebagai contoh sitem informasi yang memilki tampilan modern lebih GUI (Graphic User Interface ), mungkin akan enak dipandang namu nharus memiliki storage, media penyimpanan yang cukup besar untuk menyimpan source code dari system informasi yang dibuat, jadi sisitem informasi tang tampilan sederhanna namun dapat dipahami oleh user akan lebih baik ditambah lagi pemrosesan data yang cepat menjadi nilai tambah yang baik, system informasi yang dibvangu menggunakan COBOL bukan masalah selagi dapat digunakan dan memprosrs data dengan cepat.


Referensi
http://www.gangsir.com/download/Minggu2-SDLC.pdf
http://edukasi.kompasiana.com/2010/09/24/sdlc-systems-development-life-cycle/
http://www.pdfchaser.com/pdf/perancangan-informasi-sistem-life-cycle.html
http://fitrinurlaelasari.blog.upi.edu/2009/06/15/sdlc-systems-development-life-cycle/
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/.../implementasi-sistem-informasi-sdlc-system-development-life-cycle/
http://www.google.co.id/
http://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Systems_Development_Life_Cycle&ei=RLXoTOqjJJCmvQPa9cXCCA&sa=X&oi=translate&ct=result&resnum=1&ved=0CBoQ7gEwAA&prev=/search%3Fq%3DSystem%2BDevelopment%2BLife%2BCycle%2B%28SDLC%29%26hl%3Did%26client%3Dfirefox-a%26sa%3DX%26rls%3Dorg.mozilla:en-US:official%26prmd%3Dv
http://dewa18.wordpress.com/2010/02/15/systems-development-life-cycle/
http://primamaulina.blogspot.com/2010/05/pengembangan-sistem-informasi-dengan.html
http://www.google.co.id/search?hl=id&client=firefox-a&hs=NZO&rls=org.mozilla%3Aen-US%3Aofficial&q=Sistem+Development+Life+Cycle+%28SDLC%29+beserta+fase+staff+gunadama&aq=f&aqi=&aql=&oq=&gs_rfai=

0 komentar:

Posting Komentar

Follow juraeisalhadat on Twitter

Surfing Tools