Penggenalan E-Shop

Pendahuluan

E-shop tidak jauh berbedanya dengan e-commerce secara prinsip mengedepankan bisinis online, sebih spesifik lagi e-shop dapat digunakan untuk apilikasi bisnis dalan skla yang kecil dapat menjangkaunya. Berbagai CMS(Content Manage System) merupakan sofetware yang digunakan untuk mengatur, meyusun, dan mendesain isi serta tampilan konten yang diinginkan. Seorang ibu rumah tangga dapat dengan mudah menggunakan aplikasi e-shop. Belanja online diindonesi permakali diperkenalkan oleh bank swasta, namun belum begitu maju perkembangannya. Seiring denga perkembngan teknologi, minat masyarakat semakin besar untuk melakukan belanja online.

Pembahasan

E-shop aplikasi bisnis skala kecil, dimana dapa dengan memudah membutnya tanpa harus mengatur jaringan web yang rumit. Beberapa layanan penyedia blog gartis seperti wordpress, blogger, drupal bisa digunakan untuk membaut aplikasi e-shop.
Wordpress telah menyaediakan aplikasi plugin untuk mengaktifkan/instalasi tampilan e-shop. Konsep dasar penggunaan e-shop adalah penyangan produk, penjelasan produk berupa dekskripsi barang/jasa yang dijual, kontak, serta pemilihan cara pemvbayaran, dapat diakukan dengan shoping chart ataupun dengan menampilkan norekening. E-shop meruoakan aplikasi didunia digital yang cukup memudahkan bisnis skala kecil.

Keuntungan Menggunakan E-Shop

Bagi pembisnis, keuntungannya diantaranya adalah memudahkan proses transaksi, dapat diakses oleh calon pembeli dimanapun serta kapanpun, tidak harus mengantri untuk proses transaksi maka keuntungan yanga didapat meningkat, dapat melayani calon pembeli dalam waktu yang hampir bersamaan. Biaya untuk promosi dapat ditekan seperti spanduk, pamflet, brosur, poster, dsb, cara promosi yang digunakan adalah melalui internet.

Promosi dengan internet akan lebih mursh dengan jangkaun dapat dialses dalam skala internasional. Beberapa toko online yang sering dikenal diindonesia telah membut trobosan untuk memasarkan produknya dengan membut isi konten webya menggunakan bahasa inggris, mngkin sutu hal yang kecil namun merupakan langkah awal untuk memsarkan produk keluar negri. Yang diperlukan untuk toko online adalah oerusahhan distributor, bebrapa nama untuk pengiriman paket seperti: JNC, TIKI, PT. POS,dsb. Berikut adalah contoh gambar E-shop:


Gambar 1.0 Toko Online

Gambar2.0 Transaksi Pembayaran Toko Online

Gambar3.0 Bukti transaksi Online berupa struk pengiriman

Keuntunga lain untuk pelak bisnis adalah mereka tidak perlu repot-repot mencari lokasi usaha strategi cukup kantor administratif/kantor layanan publik,semisal: jika untuk membuat toko (bentuk secara real/fisik) harus mencari lokasi yang strategi dekat dengan jla, namun paradigma bisnis seperti itu beubah, Anda(pemilik) toko online fokus pada kegiatan desain webnya kerena konten/isi daripada web anda adalah raja, meliputi kontent isi tulisan warna, desainweb, kemudahan buttom-buttom untuk transaksi, peningkatan kepercayaan para pembeli. Pengaturan transaksi penjualan untuk menggunakan pihak ke-3 semisal:Paypal.

Keuntungan bagi konsumen

Keuntungan yang didapat konsumen yaitu kemudahan berbelanja via online, hemat biaya transportasi untuk mendatangi tempat penjualan, tidak harus mengantri, namun anda dihadapkan untuk menunggu barang yang Anda inginkan, jadi anda(calon pembeli) harus dapat memanage waktu pembelian suatu produk. Calon pembeli harus dapat menaksir waktu produk yang akan digunakan, kapan pemesanan, serta kapan barang yang dipesan sampai ketangan Anda(calon pembeli)

Kesimpulan

E-shop(Electronic Shop) aau yang lenih dikenal diIndonesia toko online merupakan aplikasi bisnis dari blog atau web sederhana, sederhanaya dalam artikata dapat menggunakan webhosting baik yang berbayar mapun tidak berbayar. Beberapa blog gratis dapat juga digunakan untuk pemasaran produk.
Keuntungn menggunakan blog untuk dijadikan e-shop adalah tingkat keaman yang cukup tinngi, karena tingkat keaman blog merupakan bagian dari penyedia blog, semisal: Blogger, tingkat kemaman nya cukup tinngi karene diatur oleh Google sebagai pemilik Blogger.

Jika Anda membuat e-shop dengan domain serta pengaturan jaringan sendiri akan lebih baik serta lebih luas, karena toko online Anda dapat diakses dan ditampilkan oleh seacrh engine apasaja. Dibalik itu semua terdapat tantanga tindakan meretas/hacking, hacking toko online labih cenderung mengganti akun paypal dengan akun Si Peretas, jadi bagi anda (calon pembeli) yang ingin berbelanja online, pilih toko online dengan web security yang tinngi, bisa jadi Anda membayar bukan untuk barang yang dipesan melaikan uang Anda masuk pada akun Paypal Si peretas.

Jadi pikir dahulu untuk membeli ecara online pastikan toko online yang Anda acces aman dari gangguamn peretas. E-bay, Amanzon.com merupakan web belanja online ynag terbesar serta palin luas jangkauannya. Tingkat kepercayaan masyarakat tinnngi terhapad 2 situs belanja online yang kenal.

Referensi

1 komentar - Add Yours

Posting Komentar

Follow juraeisalhadat on Twitter

Surfing Tools