E-Commerce

Pendahuluan
Isitilah e-commers muncul dalam berbagai bentuk sejak 20 tahun lalu. E-commers merupakan pengembangan dari teknologi yang disebut EDI(Electronik Data Interchance)dan Electronik Funds Transfer (EFT). Pertumbuhan penggunaan kartu kredit membuat suatu perkembangan besar dalam transaksi ekonomi. Walaupun saat itu transaksi yang boleh dikatakan cukup bagus dengan berbelanja Via telepon.

Pembahasan

Komersialisasi dan privasi internet yang meningkat bebrapa tahu terkahir seiring dengan penggunaan komputer semakin meningkat telah tumbuh dasar-dasar dari Electronik Commerce.

Infrastruktur digitak telah membuat pertukan informasi semakin mudah. Dunia internet telah membuat paradigma baru didunia bisnis kusus pada pengembangan e-commers.
Perusahaan bisnis pendatang baru dapat menjadi perusahaan skala internasional dengan penggunaan aplikasi e-commerce. Banyak perusahhan yang telah menerapkan e-commerce sebagai aplikasi bisnis online.

E-commerce memiliki banyak istilah yang kesemua istilah itu hanya dilihat dati bentuk bisnis terkait apakah perusahaan jasa, maupun barang,. Anda mungkin sring mendengar istilah e-booking , pada dasarnya konsepdasar yang digunakan adalah sama dimana konsumen mengisikan formulir (merupakan idenditas konsumen/pemesan), lalu tentukan produk atau jasa yang dinginkan, pembayaran serta tahap-tahap tarnsaksi tadi dilakukan secra online, dimana orang –orang dapat dilayani dalam waktu yang hampir bersamaan, menghilangkan kondisi antre. Kemajuan pada dunia digital telah mengubah metode periklanan, layanan, dan segala hal terkait dengan tindakan ekonomi di dunia bisnis.

Keuntungan Electronic Commerce

Beberapa keuntungan aplikasi e-commerce dibandingkan transaksi bisnis secra manual diantaranya adalah
1.Otomatisasi, proses otomatisasi yang menggantikan proses manual, seperti halnya menyimpan file data konsumen dimana konsumen yang mengisikan langsung disimpan pada komputer server, menghitung data banyak transaksi yang dibuat dalam file laporan disimpan sevra otomatis, segala bentuk file yang terkait dengan transaksi langsung disimpan pada komputer server. Suatu saat laporan-laporan transaksi tersebut dapat digunaka untuk dalam mega,bila tindakan, hal ini mungkin terkaitdengan pengelolaan SIM.

2.Integrasi, proses yang dibentuk terstruktur sistematis, serta saling berkaitan satu samalain hal ini meningkatkan efektivitas dan efisiensi

3.Publikasi, memberikan jasa promosi dan komunikasi yang luas serta mudah diakses dimanapun serta kapanpun, mematahkan batas ruang dan waktu.hal demikian terkait pada konsep EDI (Electronik Dta Incharger).

4.Interaksi, pertukaran data ta inromasi akan meminimalkan human error, karena yang berkerja adalah sistem. Condong pada EDI concept.

5.Transaksi, terdapat kesepakatan kedua pihak secara digital melalui pihak ketiga, pihak ketiga dalam transaksi bisnis seperti: Paypal dimana akun kartu kredit/debit yang digunakan untuk transaksi manual dapat diubah dengan paypal untuk transaksi digital, bagian ini terkait dengan pengelolaan payment concept.
Keuntungan E-Commerce

Keuntungan Bagi Pelaku Bisnis

Efisien si serta efektifitas untuk pembiayaan pelayanan . distribusi, promosi, memangkas biaya operasional dengan meminimalkan penggunaan karyawan. Dapat meninjau dan mengumpaulkan informasi pelanggan, terkonekso untuk pelanggan diseluruh dunia dengan pembiayaan fisik seperti membuat kantor cabang maupn kantor cabang pembantu dapa dipanglas atau diminimalkan pembiayaannya. Terpenting bagi pelaku bisnis adalah informasi pelanggan dengan mengumpulkan informasi pelanggan para pelaku bisnis dapat ,enentukan target dan strategi yang digunakan untuk kelangsungan serta kemajuan bisnis.

Keuntungan bagi konsumen:
Memudahkan untuk membeli serta membayar barang dan jasa, menghemat waktu, tenega serta biaya , ayang banyak dikeluarkan apbila menggunakan transaksi secara manual. Seorang pembeli daoat bertarnsaksi bisnis kapanpun dimanpun konsumen inginkan, merewka tidak sibuk harus mengantri.

Keuntungan Bagi Manajemen
Manajemen dalam hal ini yang dimaksud yaitu penggelola E-Commerce, serta elemen-elemen sistem yang terkait dengan transaksi secara online, mereka dapat keuntungan, loyalitas dari pelanggan, yang lebih vital yang mereka tawarkan adalah kepercayan dari konsumen untuk tetap gunakan e-commers , semisalnya: paypal yang sebagian besar percaya dengan kredibilitas, kemanan sistem manajemen keuangan pelanggan.

Peluang E-Commerce
E-commers memberikan peluang bagi pihak-pihak yang erkait jadi keuntungan didistribusikan pada kelompok-kelompok berbeda, semisal: perusahan penjualk barang atau jasa, supplier, konsumen,partner kerja untuk segala wilayah. Hal demikian memunculkan jalan bagi terciptanya jasa & produk baru.

Kesimpulan
Kemajuan pada era digital membuat segala halnya efisien dan efektif, e-commerce telah mengubah pardigma dalam berbisnis efek positif yang diberikan cukup besar bagi kemajuan bisnis serta pelayanna terhadap konsumen.

Namun terdapat sisi negatif dari penggunaan e-commers untuk kalangan pekerja hal tersebut telah membuat kesempatan kerja menurun untuk bidang pekerjaan tertentu, misalkan administrasi pemesannan barang akan berkurang, tetapi untuk bidang pekerjaan misalkan distributor akan membuat lapangan kerja terbuka lebar. E-commerce merupakan teknologi yang dapat membuat ketimpangan bagi peluang kerja, maka bisa dikatakan kan menciptajan penganguaran teknologi , dengan teknologi meminimalkan penyerapan tenega kerja.

Referensi

1 komentar - Add Yours

edwinnaquier mengatakan...

The Star Grand at The Star Grand at The Star Gold Coast
Book The Star Grand 군포 출장안마 at The 정읍 출장안마 Star Gold Coast or your next 계룡 출장샵 hotel stay with JTM. Discover low 영천 출장샵 everyday rates, updated 부산광역 출장샵 on a daily basis.

Posting Komentar

Follow juraeisalhadat on Twitter

Surfing Tools