Rancangan Pengambilan Keputusan pada Sistem Informasi Manajemen

Pendahuluan

Pengambilan keputusan merupakan aktivitas yang memerlukan perbandinag yang cukup besar khusunya bagi orang-orang yang memiliki kedudukan sebagai stake holder, dalam bagan organisasi mereka adalah orang-orang yang duduk dipucuk kepemimpinan,. Pengambilan keputusan bukan merupakan hal yang mudah apabila dilihat dari segi kuantitas/waktu bekerja, mereka para stake holder memiliki tanggung jawab yang sangat besar dalam menentukan keputusan.

Resiko akan kemungkianan-kemungkinan yang tidak dinginkan dapat saja terjadi. Bagaimana mengambil keputusan menggunakan Sisitem Informasi manajemen suatu organisasi, agar dapat dihasilkan suatu keputusan yang baik, optimal, efektif , serta efisien bagi kelangsungan suatu organisasi.

Pembahasan
Dalam menentukan keputusan beberapa tahap yang perlu dilakukan. Beberapa ahli startegi membuat suatu teori hal yang dilakukan dalam sutu proses pengambilan
keputusan diantaranya adalah

1.Menurut Hebert A, terdapat 3 poko pengambilan keputusan:
a. Penyelidikan: mempelajari lingkungkungan yang memerlukan pengambilan keputusan , data mentah yang diperoleh, diolah serta diuji untuk dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan.
b. Perancanagan: mendaftarkan, memngembangkan dan menganalisis arah tindakan yang mungkin. Mencari pemecahan masalah/problem, serta menguji kelaykan tersebut.
c. Pemilihan: menetukan arah tindakan yang perlu digunakan dengan berbagai pertimbangan dan penilaian dengan beberapa variabel pengujian dari daftra jalan keluar yang didaftarkan.

2. Menurut Rubeinstein dan Haberstroh, langkah yang digunakan dalam pengambilan keputusan:

a. Pengenalan persoalan
b. Analisis laporan
c. Pemilihan alternatif yang ada
d. Komunikasi dan pelaksanaan keputusan
e. Langkah lanjutan serta umpan balik keputusan.

3. Menurut Newman, Summer, dan waren, merincikan langkah pengambilan keputusan:

a. Membuat proses diagnosis masalah
b. Penemuan alternatif penyelesaikan masalah
c. Penganalisaan dan pembandingan alternatif-alternatif
d. Pemilihan rencana yang diambil.

Banyak sekali teori maupun konsep-konsep untuk pengambilan keputusan, secara garis besar mereka dalam menetukan keputusan haruslah dicari akar permasalahan ataua identifikasi masalah namun yang berbeda dari konsep para ahli yang digunakan bagai mana mereka melakukan hal selanjutnya setelah keputusan dilaksanakan, dari ke-3 konsep pengambilan keputusan diatas , konsep pengambilan keputusan yang dibuat Rubstein dan Haberstroh lebih perinci serta memiliki kelanjutan tindakan setelah keputusan dilaksanaka, berupa feedback tau umpan balik, berupa informasi dampak/kondisi yang terbentuk dari keputusan yang diambil da dilaksanakan.

2.Sistem Pengambilan Keputusan
Beberapa rancangan bentuk dari sistem keputusan yaitu jika dilihat dari sumber pengambilan data, tujuan, serta elemen pendukung pengambilan keputusan itu sendiri.

Bentuk dari sistem pengambilan keputusan terbagi 2, yaitu:

1. Sistem keputusan tertutup adalah keputusan yang diambil serta dianggap terpisah dari sumber masukan yang tidak diketahui lingkungan bersifat privat, khusus, rahasia, dengan maksud serta tujuan tertentu.

2.Sistem keputusan terbuka adalah memandang keputusan berada pada sebagian besar lingkungan , sebagian lagi tidak diketahui ,kondisi lingkungan yang rumit . keputusan secara umum harus diketahui oleh lingkungan agar dapat dikounikasikan keputusan yang diambil, dampak dari keputusan terbuka terlihat, serta mempengaruhi lingkunagn, sangat berpengaruh terhadap lingkungan.

3. Pengetahuan Tentang Hasil

3 jenis pengetahuan yang berhubunagan dengan hasil, yaitu:
a.Kepastian: pengetahuan yang langkap akan hasil dari tiap-tipa keputusan yang diambil, hanya 1 hasil dari keputusan yang diambil.
b.Resiko: kemungkinan yang timbul dan dapat diidentifikasi, diletakan pada tiap-tiap daftar keputusan
c.Ketidak pastian : merupakan kemungkinan yang timbul namun sangat sedikit peluang untuk timbul pabila ada tidak diketahui secara pasti untuk dilekatkan pada salkah satu keputusan dalam daftar keputusan.
4.Tanggapan Keputusan
Respon terhadat suatu keputusan terbagi menjadi 2, yaitu: keputusan yanhg terprogram dan tidak terprogram, bentuk dari tanggapan seperti ini dilihat darikemampuan organisasi tau individu untuk mengadakan perencaan sebelum pengambilan keptusan atau bisa dikatakan rencana yang sifatnya teknis dalm pelaksanna keputusan.

Keputusan terprogram adalah keputusan yang dapat dispesifikasikan sebelumya sebagai perangkataturan atau prosedur keputusan.

Keputusan tidak terprogram adalah keputusan yang dapat berubah sevra saat, hal ini dikaitkan dengan bentuk dari sisitem terbuka yaitu tidak dapat menspesifikasikan sebelumnya semua faktor yang berperan.

5.Uraian Tentang Pengambilan Keputusan

Bentuk dari pengambilan keputusan dapat ditentukan dengan cara pandangan stake holder dalam pengambilan keputusan, model pengambilan keputusan yang segolongan disebut normatif atau perspektif, sedangkan model pengambilan keputusan dengan menggambrkan ataumerincikan keputusan dikatan model dekskriptif.
Kesimpulan

Relevansi Konsep SIM terhadap Rancangan Keputusan.Beberapa bentuk SIM seperti man to machine, hubungan manusia dengan mesin seperti komputer dapat digunakan untuk pemgambilan keputusan, dalam hal ini lebih banyak digunakan untuk model keputusan tertutup analisis kondisi dengan hitungan yang optimun dalam hal ini komputer bertindak dalam pengolahan data secara matematis, maupun bentuk laporan file.
Dalam model terbuka komputer bertindak untuk menganalisi, menyimpan, serta membantu menentukan perhitungan nilai alternatif keputusan.
Konsep SIM dalam pengambilan keputusan bukan hanya berkutat pada manusia dengan mesin saja, manusia dengan manusia juga dapat melakukan pengmbilan keputusan walaupun tidak menutup kemungkinan kemampuan manusia terbatas, namun hal ini mungkin terjadi pada organisasi yang kecil.

Referensi

Pengantar Sistem Informasi, seri diktat Kuliah, gunadarma, 1993

ordon B.Davis, Sistem Informasi Manajemen, Jakarta, PPM&PT Pustaka binaman Pressindo, 1999

0 komentar:

Posting Komentar

Follow juraeisalhadat on Twitter

Surfing Tools